Chat with us, powered by LiveChat

Pagi Ini Gunung Merapi Keluarkan Dua Kali Awan Panas Guguran

Dua kali awan panas guguran dikeluarkan Gunung Merapi, Kamis (7/3) pukul 07.44 WIB dan 10.17 WIB. Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida membenarkan terjadinya dua kali awan panas guguran Merapi itu.

Dia menjelaskan, awan panas guguran Merapi itu semuanya mengarah ke arah tenggara. “Terjadi awan panas guguran pada pukul 07.44 WIB. Jarak luncur awan panas guguran sejauh 1200 meter dengan durasi 121 detik dan mengarah ke tenggara,” ujar Hanik.

Hanik mengatakan awan panas guguran kedua terjadi pada pukul 10.17 WIB. Awan panas guguran ini memiliki jarak luncur 1.000 meter, berdurasi 97 detik dan mengarah ke tenggara.

Hanik meminta masyarakat untuk tenang dan tak panik. Hanik menyebut jarak luncuran awan panas guguran masih dalam jarak aman rekomendasi yaitu belum sampai 3.000 meter atau 3 kilometer.

“Status Gunung Merapi masih waspada. Jarak aman masyarakat beraktivitas masih tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi. Masyarakat diimbau tetap tenang,” tutup Hanik.